Jakarta – Saat hamil, calon ibu biasanya akan menjadi lebih sensitif, terutama pada suami. Tanpa alasan yang jelas, sering kali calon ibu merasa terganggu dengan kehadiran suami di sekitar, bahkan mencium aroma tubuh dan parfum pasangan saja terasa menyebalkan. Kondisi ini kerap dianggap sebagai “bawaan orok” alias keinginan bayi yang tengah dikandung.

Namun tahukah kamu, ternyata ada penjelasan medis di balik hal tersebut. Nyatanya, ada alasan mengapa ibu hamil lebih mudah sensitif pada suami. Hal ini kemudian membuat ibu hamil enggan untuk berada di dekat suami. Apa sebenarnya penyebab hal ini terjadi? Apakah rasa sensitif pada calon ibu adalah hal yang normal terjadi atau mungkin menandakan kondisi tertentu?

Perubahan pada Ibu Hamil yang Harus Dipahami
Selama hamil, calon ibu akan mengalami sejumlah perubahan, termasuk pada kondisi fisik dan mental. Salah satu pemicu utamanya adalah perubahan hormon. Pada kondisi tertentu, perubahan yang terjadi seharusnya membuat calon ibu menjadi lebih manja atau mungkin lebih membutuhkan kehadiran suami. Namun, yang terjadi justru ibu hamil menjadi lebih sensitif pada suami.

Sebenarnya hal itu normal saja terjadi. Salah satu faktor yang dipercaya menjadi pemicunya adalah penurunan gairah pada pada ibu hamil. Sekali lagi, hal itu bisa muncul karena ada perubahan hormon pada masa kehamilan. Saat gairah seksual menurun, ibu hamil mungkin tidak lagi berfikir soal “bermesraan” malah menjadi lebih sensitif dan enggan berdekatan dengan suami.

Apa yang harus dilakukan? Kamu dan pasangan harus memahami bahwa hal ini normal terjadi dan akan segera berlalu. Selain membuat gairah turun, perubahan hormon saat hamil juga membuat mood alias suasana hati calon ibu menjadi mudah berubah-ubah. Alhasil, ibu hamil menjadi lebih mudah marah dan tersinggung, termasuk pada suami.

Selain mudah mengubah mood, kondisi hormon yang tidak stabil juga membuat ibu hamil menjadi lebih sensitif terhadap bau-bauan tertentu. Nah, hal itu mungkin penyebab wanita hamil menjadi marah atau bahkan terganggu dengan bau badan suami. Lagi-lagi, hal ini bisa membuat ibu hamil lebih mudah sensitif pada suami.

Perubahan ibu hamil menjadi lebih sensitif tidak hanya semata-mata karena perubahan hormon. Selama hamil, perubahan yang terjadi pada tubuh bisa membuat calon ibu mudah merasa lelah. Belum lagi, ada kemungkinan ibu hamil kurang tidur karena muncul rasa tidak nyaman. Faktor-faktor tersebut membuat ibu hamil menjadi mudah lelah dan terkadang berubah menjadi lebih sensitif.

Sangat penting bagi ibu hamil dan pasangan untuk menyadari bahwa hal ini normal dan akan segera berlalu. Meski sedang mudah merasa tersinggung dan sensitif, ibu hamil tetap perlu menjaga kesehatan tubuh dan bayi yang sedang dikandung. Terapkan gaya hidup sehat dan konsumsi suplemen khusus ibu hamil jika dibutuhkan.

Leave a Reply

You may also like